Breaking News

Rabu, 28 Maret 2012

Tips Merancang Blogspot


Template adalah wajah dari sebuah blog. Ketika pengunjung datang ke blog anda, maka mereka dapat melihat design/rancangan dari template itu sendiri. Mereka melihat ada berapa kolom halaman blog anda, side bar ada di kiri atau kanan, background/latar belakang berwarna putih atau merah, atau biru dll. Di internet banyak sekali perancang template baikTemplate gratis atau pun berbayar. Anda bisa searching sendiri di goole dengan kata kunci “template blogspot gratis“. Tapi tahukah anda bahwa kita bisa merancang sendiri Template. Template bisa kita atur sendiri sesuka hati. Mau Template yang 2 kolom, 3 kolom, side kanan kiri, side bawah atas, mau Template yang tidak ads side barnya juga bisa. Tapi ini khususTemplate blogspot ya. Kalau wordpress belum ada fasilitasnya di member area. Jadi untuk membuat theme ( istilah Template di wordpress ) harus memakai sofware khusus yang harganya lumayan gede.
Untuk merancang template blogspot sesuai dengan keinginan anda, silahkan ikuti petunjuknya sebagai berikut :
1. Login ke account blog anda di www.blogger.com dengan user dan pasword
2. Di Dashbord tuju blog yang akan anda rancang Templatenya kemudian klikRancangan/Design
3. Klik menu Perancang Template yang ada di bagian atas.
Maka anda akan masuk ke bagian Blogger Template Designer. Di sinilah rancangan templatekita mulai. Ada bebarapa menu di bagian kiri halaman Blogger Template Designer jika anda pilih/klik akan muncul otomatis di sebelah kanan dan di bawahnya. Menu – menu untukmerancang Template adalah :
Templates
Di sini anda bisa memilih beberapa contoh Template dasar yang nanti bisa anda rancang sesuka hati.  Tiap kita memilih/mengklik salah satu Template maka di bawahnya ada pilihan lagi warna-warna Template. Silahkan pilih sesuai dengan selera anda. Dan otomatis pula akan keluar contohtampilan/preview dari Template yang kita rancang.
Background
Jika anda suka dengan tampilan blog yang di belakangnya ada layar berupa gambar silahkan klikBackground. Secara otomatis di bagian kanan ada pilihan untuk Background blog. Anda tinggal klik tanda panah kecil menghadap ke bawah di bagian Background image. Sekaligus bisa juga anda atur warna yang anda sukai di Main Color theme.

Adjust widths

Di sini anda bisa atur lebar halaman posting, side bar kanan atau kiri. Silahkan berkreasi untuk mengaturnya sesuai dengan selera anda
Layout
Bagian Layout adalah untuk mengatur tata letak template dan kolom-kolom. Ada tata letak 2 kolom, 3 kolom, bahkan tanpa kolom juga ada.
Advanced
Pengaturan bagian penting dari halaman blog seperti mengatur warna text, warna link, warna judul blog, bentuk-bentuk ( Font ) huruf, dan lain – lain.
Jika sudah selesai anda setting template sesuai dengan selera anda dan merasa sudah pas, jangan lupa final settingnya adalah klik APPLY TO BLOG.  Setelah itu anda bisa lihat tampilan blog anda, klik View Blog.
Congratulation !

Selamat blog anda dengan tampilan yang baru sesuai dengan kesukaan anda telah selesai dan tayang dengan cantiknya. Yang terpenting dari semua adalah anda bisa merancang template sendiri. Happy Blogging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By Blogger Templates